Selasa, 22 Januari 2013

Manusia NEGAHOLIC



Kita dapat belajar tentang manusia negaholic dari Dr. Carter-Scott, seorang pakar manusia negaholic. Scoot membagi empat jenis manusia negaholic :
  • Attitude negaholics
adalah manusia perfeksionis yang tidak pernah puas pada keadaan. Pada karyawan selalu ada yang kurang, tidak peduli seberapa bagus pekerjaannya atau orang lain. Mereka menuntut lebih pada diri sendiri. rekan sekerja, atasan, dan bawahan serta organisasi secara keseluruhan. Jenis ini selalu berada dalam tekanan dan menciptakan iklim kerja dalam tekanan untuk membuat selalu lebih baik lagi ( dalam konotasi yang berlebihan ).
  • Behavior negaholics
adalah manusia pekerja keras yang memiliki perilaku sabotase pada diri sendiri. Sabotase itu biasanya uaya menenggelamkan diri pada perilaku tertentu seperti mabuk,judi atau bahkan seks. Sabotase juga dapat berupa perilaku berlebihan seperti aktif organisasi berlebihan, makan minum berlebihan, pesta berlebihan atau bahkan melakukan hobi yang berlebihan. jenis ini suka menunda - nunda pekerjaan dengan berbagai alasan, melakukan kesalahan berulang - ulang dan sulit dinasihati ( sudah kebiasaan atau sifatnya ) 
  • Mental negaholics
adalah manusia yang selalu menyalahkan diri sendiri. Karyawan dengan sifat seperti ini akan menghakimi diri sendiri secara berlebihan, bahkan membanding - bandingkan diri dengan orang lain sehingga sampai pada kesimpulan dirinya yang terlalu banyak kekurangan, padahal orang lain tidak menganggap begitu. Penghakiman jelek yang berlebihan menjadikannya bermental pecundang, orang yang selalu kalah sebelum berperang dan siap menjadi kambing hitam orang lain, orang dengan sifat ini cenderung rendah diri dan tenggelaam dalam kekurangan atau kesalahan diwaktu lampau.
  • Verbal negaholics
adalah manusia yang selalu mengucapkan hal- hal negatif. Karyawan dengan sifat ini memiliki pilihan kata yang berisi hal - hal negatif, penuh keluhan dan kekurangan yang mengakibatkan penurunan motivasi di tempat kerja. Pemikiran dan ucapan seolah - olah melihat segala sesuatu untuk mempersiapkan diri dari sifat terjelek,padahal itu sangat berlebihan. Manusia dengan sifat ini sering mengharapkan bantuan pemikiran, namun setiap bantuan dan nasihat yang diterima selalu dipersoalkan. Jenis ini melihat masalah dalam setiap peluang, melihat duri dalam semua bunga, dan melihat gelap dalam setiap cahaya terang. Ketika orang ini tersudut dan menyerah, ia akan menyebutkan bahwa tidak ada satu orangpun yang mau memperhatikan dan menolong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar