Kamis, 10 Oktober 2013

Apakah yang kita tahu tentang Integritas ?

Apakah yang kita tahu tentang Integritas ?
Integritas sering dipahami sebagai prinsip moral dan etika atau etis, sikap bermoral, kejujuran, dapat dipercaya. Integritas menjadi modal utama sebuah kesuksesan. Sebagian orang mengidentikan sebagai sifat dasar manusia yanng masih akan terus berkembang sesuai dengan kemauan orang tersebut untuk berkembang. Integritas tumbuh dari dalam, bukan dari luar. Dan sebagian orang juga mengidentikan dengan nama baik atau sebuah pencitraan diri. Integritas jauh dari kesan mewah dan materi, karena Integritas merupakan bagian dari moralitas manusia. Mungkin itu pulakah yyang membuat Integritas tidak begitu populer dikalangan masyarakat ? Raja Salomo mengatakan hal megenai Integritas,"Nama yang harum lebih berharga daripada kekayaan yang melimpah."

Berikut Kisah tentang sebuah Integritas
Kisah nyata dari seorang yang bernama Dave Tally, seorang tuna wisma asal kota Tempe negara bagian Arizona yang berkat integritasnya ia menjadi pahlawan seperti yang dituturkan oleh Kantor Berita Associated Press.
Tally sebutan Dave Tally baru saja sembuh dari ketergantungannya terhadap obat-obatan terlarang dan alkohol. Suatu ketika ketika dia pulang dari memperbaiki sepedanya yang rusak, ia menemukan tas berisi uang sebesar US$3.300 atau sekitar Rp.29,7 juta. Menemukan uang yang nilainya puluhan juta rupiah tidak langsung memmbuat Tally gelap mata, kalau kita munngkin sudah nggak gelap lagi matanya....Butaaaaa...he he he, just kiding bro...Dia justru mengembalikan uang itu melalui sebuah komunitas tuna wisma di Tempe kepada pemiliknya yang kebetulan seorang mahasiswa yang bernama Bryan Belanger yang akan menggunakan uang itu untuk membeli sebuah mobil bekas, padahal dikantong saku tuna wisma yang berusia 49 tahun itu sudah tidak ada uang sepeserpun karena sudah habis untuk memperbaiki sepedanya.
Kisah Tally ini sampai dieritakan oleh radio KTAR yang langsung menjadi pembicaraan hangat di Kota Tempe. Ceritanya pun berlanjut.
Atas kejujurannya iini, Tally dipuji sebagai pahlawan para tuna wisma karena telah merubah citra mereka yang buruk. Dewan kota Tempe yang tersentuh karena kejujurannya, membuat rekening sumbangan untuk seluruh kotta. Banyak warga yang kagum juga memberikan cek kepadanya yang jumlahnya bahkan melebihi uang yang dia temukan, yaitu senilai US$8.000 (Rp.72 Juta ). Tidak sedikit warga yang menawarkan pekerjaan kepadanya. Seorang pengacara menawarkan jasa Probono kepadanya untuk menangani kasus lama yang menimpanya. Walikota Tempe, Hugh Hallman, menjadikan hari ditemukannya uang tersebut sebagai hari Dave Tally. "Saya tidak menyangka semua berakhir seperti ini. Saya hanya berpikir untuk mengembalikan tas tersebut dan semuanya selesai," ujar Tally."
Kalau nggak salah di indonesia pernah terjadi juga kisah oleh seorang OB ( Office Boy ) sebuah kantor yang menemukan uang ratusan juta rupiah di sebuah tong sampah ketika dia melakukan pekerjaannya membereskan ruangan di kantor tempat dia bekerja....dari kedua cerita diatas, walau yang versi indonesia sangat singkat kurang lengkap karena saya tidak menulisnya ketika adda pemberitaan di TV...he he he, semoga anda juga menonton beritanya waktu itu...Raja Salomo mengatakan hal megenai Integritas,"Nama yang harum lebih berharga daripada kekayaan yang melimpah."...selalu diingat ya....semoga bangsa kita akan menjadi bangsa besar ketika para pejabat negaranya mempunyai Integritas...silahkan komentarnya bro, sis, mbakyu, budhe...monggo...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar