Sabtu, 28 September 2013

Kalau semua bagian otak memiliki fungsi masing masing, kenapa ada kabar kalau Albert Einstein hanya memakai 10 % bagian otaknya ya ?

Mitos 10% pemakaian fungsi otak adalah mitos bahwa semua manusia hanya menggunakan kurang dari 10 persen otaknya saja. Mitos ini biasanya dihubungkan dengan beberapa tokoh, seperti Albert Einstein.Gagasan bahwa sebagian besar otak masih belum digunakan merupakan gagasan tanpa landasan yang kuat. Setiap bagian otak telah diketahui fungsinya.

Barry Beyerstein, seorang ahli otak, menunjukkan tujuh bukti kesalahan mitos ini:
  1. Penelitian kerusakan otak: Jika 90% otak tidak digunakan, berarti kerusakan terhadap wilayah tersebut tidak akan merusak performa otak. Sementara itu, kerusakan sekecil apapun terhadap otak dapat memberikan dampak yang besar.
  2. Evolusi: Otak sangat berharga bagi anggota tubuh lain. Jika 90% otak tidak penting, maka akan muncul kemungkinan bertahan yang lebih besar bagi manusia dengan otak yang lebih kecil dan efisien.
  3. Citra otak: Teknologi seperti Positron Emission Tomography (PET) dan Functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI) membuat aktivitas otak dapat dipantau. Bahkan saat manusia sedang tidur, semua bagian otak menunjukkan aktivitas. Otak hanya memiliki bagian yang "tidur" jika mengalami kerusakan berat.
  4. Lokalisasi fungsi: Otak terdiri dari beberapa bagian, yang memiliki fungsinya masing-masing. Penelitian telah memetakan fungsi otak, dan tidak ada wilayah otak yang tak berguna.
  5. Analisis mikrostruktural: Dengan teknik single-unit recording, peneliti memasukan elektrode kecil ke otak untuk memantau aktivitas sel. Jika 90% sel tidak digunakan, maka teknik ini seharusnya telah menunjukkan hal tersebut.
  6. Penelitian metabolis: Teknik ilmiah lainnya mempelajari penyerapan molekul 2-deoksiglukosa oleh otak. Jika 90 persen otak tidak digunakan, maka sel yang tak aktif akan ditunjukan sebagai wilayah kosong dalam radiograf otak.
  7. Penyakit otak: Sel otak yang tidak digunakan memiliki kecenderungan untuk mengalami degenerasi. Jika 90% otak tak digunakan, otopsi otak dewasa akan mengakibatkan degenerasi berskala besar.
Otak manusia merupakan salah satu organ yang tidak mudah untuk dipahami. Banyak ilmuwan telah menghabiskan tak terhitung waktu untuk mempelajari bagaimana cara otak bekerja.
Berikut adalah beberapa fakta unik dan menarik tentang otak yang perlu diketahui
  • Otak memiliki pusat humor. Terkadang, seseorang yang mengalami kerusakan otak pada lobus frontal tidak bisa merespon humor.
  • Anda tidak bisa mendengar percakapan telepon di ruangan yang bising. Hal ini karena otak tidak dapat membedakan kebisingan latar belakang (background noise) dari suara di telepon.
  • Menguap merupakan cara untuk membangunkan Anda, karena dengan menguap udara yang masuk ke dalam paru-paru menjadi lebih banyak, sehingga meningkatkan oksigen ke otak.
  • Otak kita cenderung lebih mampu untuk mengingat lagu-lagu yang menyebalkan, kalau hal yang menyebalkan gimana ya ?
  • Energi atau daya yang digunakan oleh otak lebih rendah daripada daya lampu pada kulkas. Otak hanya menggunakan daya sebesar 12 watt atau sekitar 17% dari total energi tubuh.
  • Terlalu sering mengalami jet lag dapat merusak daya ingat (memori). Hal ini terjadi karena hormon stres yang dilepaskan selama jet lag dapat merusak lobus temporal dan memori.
  • Berada di ketinggian membuat otak mempersepsikan pandangan visual menjadi aneh. Gangguan oksigen cenderung mengganggu pemrosesan visual dan emosional.Hal ini disebabkan karena semakin tinggi suatu tempat kadar oksigen akan semakin tipis.
  • Memainkan game dengan adegan menembak musuh secara bersamaan membantu otak untuk multitasking.Menembak beberapa musuh sekaligus akan membagi perhatian Anda, ini berarti Anda harus terus-menerus bereaksi terhadap suatu rangsangan.
  • Anda tidak mungkin merasa geli ketika menggelitik diri sendiri. Ini terjadi karena otak menumpulkan sensasi geli ketika kita melakukannya sendiri.
  • Sinar matahari yang terlalu terang bisa membuat seseorang menjadi bersin. Hal ini terjadi karena serabut saraf yang bersinggungan di otak mengirim sinyal yang berasal dari mata melalui hidung.
  • Otak manusia dewasa beratnya rata-rata sekitar 3 lb (1,5 kg) dengan ukuran sekitar 1.130 sentimeter kubik (cm 3) pada wanita dan 1260 cm 3 pada pria, meskipun ada variasi individu yang besar
  • Sekitar 75% otak adalah air, berapa % jumlah kadar air di tubuh kita ya ?
  • Pertumbuhan otak manusia berhenti pada usia 18 tahun.
  • Otak menggunakan oksigen sebanyak 20% dari total oksigen dalam tubuh.
  • Penelitian menunjukkan bahwa gelombang otak lebih aktif saat bermimpi daripada ketika seseorang terjaga.
  • Stres yang berlebihan bisa mengubah sel-sel otak, struktur otak, dan fungsi otak, bahaya tuh kalau fungsinya berubah 180 derajat...he he he 
  • Otak dapat hidup selama 4-6 menit tanpa oksigen, dan kemudian akan mulai mati. Bila tidak mendapat suplai oksigen selama 5-10 menit, otak akan mengalami kerusakan permanen.
  • Membaca dengan suara keras dan sering berbicara pada anak ternyata bisa memicu perkembangan otak.
  • Otak bayi yang baru lahir akan tumbuh sekitar tiga kali ukuran semula pada tahun pertama.
  • Otak manusia adalah organ tubuh yang paling banyak memiliki lemak. Sekitar 60% otak terdiri atas lemak.
Jangan dulu marah jika tiba-tiba Anda disebut gila. Antara gila dan jenius, ternyata tipis batasnya. Tidak percaya? Lihatlah temuan pusat kajian ilmiah yang berbasis di Stockholm, Swedia, Karolinska Institute.

Laporan tentang hasil studi yang 'menyamakan' si jenius dan si gila ini antara lain ditayangkan oleh laman jurnal ilmiah The Local.

Dalam laporan ini dikemukakan bahwa dalam banyak hal, proses kerja otak orang jenius memiliki kesamaan dengan otak orang sakit jiwa atau penderita scizofrenia. Scizofrenia itu apa ya ?
Skizofrenia adalah gangguan kejiwaan dan kondisi medis yang mempengaruhi fungsi otak manusia, mempengaruhi fungsi normal kognitif, emosional dan tingkah laku.Ia adalah gangguan jiwa psikotik paling lazim dengan ciri hilangnya perasaan afektif atau respons emosional dan menarik diri dari hubungan antarpribadi normal. Sering kali diikuti dengan delusi (keyakinan yang salah) dan halusinasi (persepsi tanpa ada rangsang pancaindra)

"Kami sudah mempelajari otak manusia dan salah satu tipe reseptor yang bernama dopamine. Apa itu Dopamine ?
Dopamine adalah salah satu sel kimia dalam otak, sejenis neurotransmiter (zat yang menyampaikan pesan dari satu syaraf ke syaraf yang lain) dan merupakan perantara bagi biosintesis epinefrin dan norepinefrin. Dopamine yang berlebihan dapat menyebabkan skizofrenia dan bila kekurangan dapat menyebabkan penyakit parkinson, kalau Parkinson nya cari sendiri artinya ya ? nanti bisa panjang urusannya, nggak ada ujungnya...he he he

Di sini terlihat sistem dopamine orang yang sangat kreatif, sama dengan dopamine penderita scizofrenia," kata Dr Fredrick Ullen, peneliti yang memimpin studi tersebut.

Penelitian ini, kata dia, menjadi bukti bahwa tidak ada batas yang jelas antara manusia jenius dan orang gila. Satu-satunya hal yang secara jelas membedakan di antara keduanya, kata dia, hanyalah kreativitas.

Sedangkan persamaan menonjol di antara otak orang gila dan orang jenius adalah keduanya sama-sama memiliki kemampuan yang rendah dalam memfilter informasi yang diterimanya. Kondisi tersebut, kata Ullen, membuka peluang yang sangat besar bagi munculnya pemikiran-pemikiran kreatif.

Banyaknya informasi yang masuk tanpa melalui penyaringan, dinilainya, berpotensi menciptakan logika-logika baru yang sulit dimunculkan oleh otak manusia pada umumnya.

"Berpikir di luar kotak, bisa jadi terjadi karena kemampuan otak yang tidak utuh," imbuh Ullen seperti dikutip The Local. Jadi, jika Anda disebut gila, bisa jadi sebenarnya Anda manusia jenius lho..lama lama mencari artikel tentang otak, otak saya jadi kram...he he he, ada nggak ya kram otak ? otak memang sesuatu yang misteri, sama halnya dengan kehidupan ini...tapi saya juga pernah membaca artikel bahwa semakin otak kita di gunakan, semakin orang kuat ingatannya alias tidak cepat pikun...nah lo...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar